Main Article Content

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu menguji pegaruh dari hexagon fraud terhadap fraudulent financial statement yang diproksikan enam komponen diantaranya tekanan, opportunity, rasionalization, capability, arrogance, serta kolusi. Terpilihnya perusahaan BUMN yang terdftar di BEI untuk periode 2017-2021 sebagai populasi penelitian hasilnya diperoleh sebanyak 13 sampel perusahaan dengan jumlah 65 unit analisis diambil berdasarkan purposive sampling dan dibantu alat analisis SPSS 22. Hasil penelitian membuktikan dimana kompone opportunity melalui nature of industry dan tekanan melalui external pressure berpengaruh pada fraudulent financial statement. Sebaliknya, komponen tekanan diukur melalui financial stability dan financial target; kemudian rasuonalization melalui change in auditor; capability melalui pergantian direksi; arrogance melalui number of CEO picture; dan kolusi melalui political connection tidak berpengaruh terhdap fraudulent financial statement.

Keywords

fraudulent financial statement hexagon fraud

Article Details

How to Cite
Sarmiah, Raharjo, T. B., & Astutie, Y. P. (2022). Pengaruh Hexagon Fraud terhadap Fraudulent Financial Statement pada Perusahaan BUMN yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2017-2021. JABKO: Jurnal Akuntansi Dan Bisnis Kontemporer, 2(2), 81-90. https://doi.org/10.24905/jabko.v2i2.31

References

  1. Aliffia, A. (2019). Pajak Sebagai Sumber Pendapatan Utama Negara Indonesia. Diambil dari https://unjkita.com/pajak-sebagai-sumber-pendapatan-utama-negara-indonesia/
  2. Aswati, W. O., Mas’ud, A., & Nudi, T. N. (2018). Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Pengetahuan Pajak, Dan Akuntabilitas Pelayanan Publik Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor. Jurnal Akuntansi dan Keuangan, III, 27–39.
  3. Bappenda, J. (2016). sejarah samsat. Diambil dari http:/dppad.jatengprov.gp.id/samsat/sejarah
  4. Cahyadi, I. M. W., & Jati, I. K. (2016). Pengaruh Kesadaran, Sosialisasi, Akuntabilitas Pelayanan Publik Dan Sanksi Perpajakan Pada Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 16, 2342–2373.
  5. Dewi, widnyani I. A., & Suardana, K. A. (2016). Pengaruh Sosialisasi, Sanksi Dan Persepsi Akuntabilitas Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Dalam Membayar Pajak Kendaraan Bermotor. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 16, 2176–2203.
  6. Dwipayana, I. M. H., Eka, P., Marvilianti, D., & Yasa, I. I. N. P. (2017). Pengaruh Program Samsat Corner , Samsat Keliling Dan Kepuasan Wajib Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Dalam Membayar Pajak Kendaraan Bermotor ( PKB ). e-jurnal S1 Ak Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Akuntansi Program S1, 1.
  7. Fitranti, P. D., Rochmah, S., & Hanafi, I. (2014). Pelaksanaan Program Inovasi Samsat Corner. Jurnal Administrasi Publik (JAP), 2(2), 374–380.
  8. Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
  9. Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
  10. Gustaviana Sandy. (2020). Pengaruh Program E-Samsat, Samsat Keliling, Pemutihan Pkb, Pembebasan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor Dan Operasi Kepolisian Terhadap Tingkat Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor. Pusat Riset Mahasisw Akuntansi, 01, 20–29.
  11. Haryanti, S. S., & Kurniawan Aji Wijaya. (2019). Sistem Pemungutan Pajak Kendaraan Bermotor Melalui Layanan Samsat Keliling Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak. Jurnal Ekonomi Dan Perbankan, 4(2), 147–165.
  12. Ilhamsyah, R., Endang, M. G. W., & Dewantara, R. Y. (2016). Pengaruh Pemahaman Dan Pengetahuan Wajib Pajak Tentang Peraturan Perpajakan, Kesadaran Wajib Pajak, Kualitas Pelayanan, Dan Sanksi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor. Jurnal Perpajakan (JEJAK), 8, 1–9.
  13. Kowel, V. A. A., Kalangi, L., & Tangkuman, S. J. (2019). Pengaruh Pengetahuan Wajib Pajak, Kesadaran Wajib Pajak Dan Modernisasi Administrasi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor Di Kabupaten Minahasa Selatan. Jurnal EMBA, 7(3), 4251–4260.
  14. Lasary, C. R. (2018). Pengaruh Implementasi Layanan Samsat Keliling Dan Pengetahuan Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor.
  15. Muchidin, D. S. (2018). Pengaruh pemahaman, kesadaran wajib pajak, kualitas pelayanan, dan sanksi perpajakan terhadap kepatuhan wajib pajak kendaraan bermotor. Universitas Pancasakti Tegal.